Minggu, 07 Juli 2013

Penglihatan Bayi



"Saya meletakkan mainan gantung di atas tempat tidur bayi, dan berharap warnanya akan merangsang aktivitasnya. Tetapi, sepertinya ia tidak melihatnya. Apakah ada gangguan dalam penglihatannya?"




Yang lebih mungkin terjadi adalah ada yang salah pada mainan gantung anda, setidaknya pada tempat dimana mainan itu digantung. Pusat penglihatan yang terbaik dari seorang bayi yang baru lahir adalah pada jarak 20 sampai 35 cm dari matanya, jarak ini tidak ditentukan oleh alam secara kebetulan tetapi dirancang secara khusus karena pada jarak ini seorang bayi yang menyusu dapat melihat wajah ibunya. Benda-benda yang lebih dekat atau jauh dari jarak ini akan tampak kabur, meskipun pandangannya bisa terpusat pada suatu benda yang terang atau bergerak di jarak jauh, tidak ada yang terlihat jelas di luar jarak pandangnya ini.




Pada bulan-bulan awal, bayi akan sering melihat ke sisi kiri atau kanan daripada lurus ke depan. Jadi mainan yang digantungkan tepat di atas kepalanya, tidak akan menarik perhatiannya, sedangkan bila digantungkan di sisi kiri atau kanan mungkin akan lebih ia perhatikan. Namun demikian beberapa bayi memang tidak tertarik pada mainan gantung, sampai mereka berusia tiga atau empat minggu, bahkan bisa lebih lambat lagi.



Jadi, bayi anda dapat melihat, tetapi kemampuan lihatnya tidak seperti bayi usia tiga atau empat bulan. Jika anda ingin memeriksa penglihatan bayi anda, peganglah lampu pena pada salah satu sisi pada jarak 25 sampai 30 cm dari wajahnya. Selama bulan pertama, seorang bayi biasanya akan sebentar saja memusatkan perhatian ke lampu, tetapi cukup lama bagi anda untuk tahu bahwa ia dapat melihatnya. Pada akhir bulan pertama, beberapa bayi akan mengikuti lampu pena yang anda gerakkan ke arah garis tengah. Umumnya, baru pada bulan ketiga seorang bayi akan dapat mengikuti benda yang digerakkan dalam arah setengah lingkaran (180 derajat). dari satu sisi ke sisi lainnya.



Mata bayi anda akan terus mengalami pematangan selama tahun pertama. Kemungkinan ia hanya dapat melihat jauh untuk beberapa bulan dan tidak dapat melihat kedalaman (mungkin itulah sebabnya ia sangat mudah jatuh dari tempat tidur atau meja gantinya) sampai ia berusia sembilan bulan. Tetapi meskipun penglihatannya belum sempurna, ia senang melihat benda-benda dan ini merupakan masa belajar yang penting. Jadi siapkan banyak rancangan visual bagi bayi. Tetapi jangan terlalu banyak membebaninya, ia hanya dapat menangani satu atau dua benda sekaligus. Dan karena masa pemusatan perhatiannya hanya sebentar, sering-seringlah mengamati pandangannya.



Umumnya bayi kecil senang mempelajari wajah. Mereka lebih senang pola-pola hitam putih daripada warna-warna menyala, lebih senang mengamati benda-benda rumit daripada sederhana. Mereka juga senang melihat cahaya, lampu-lampu, jendela(terutama dimana cahaya tersaring oleh kisi-kisi jendela yang vertikal atau horizontal), semuanya ini akan menarik rasa ingin tahunya yang besar, dan biasanya mereka lebih gembira jika berada di ruangan yang terang daripada ruangan yang redup.



Pemeriksaan penglihatan akan dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan rutin bayi anda. Tetapi jika anda merasa bahwa bayi anda tampaknya tidak dapat memusatkan perhatian pada benda atau wajah atau tidak menoleh ke cahaya, beritahukan hal ini kepada dokter pada kunjungan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar